-->

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Perusahaan

Surat pengunduran diri ialah surat untuk menyatakan bahwa dirinya berhenti bekerja dari daerah di mana ia bekerja, baik itu bekerja di perusahaan swasta ataupun bekerja di kantor pemerintahan.

Dikesempatan ini saya akan mengulas bagaimana cara menciptakan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja atau yang biasa juga disebut surat resign yang baik dan benar. Surat Resign biasanya dibentuk ketika kita ingin keluar dari perusahaan daerah kita bekerja. Ada banyak alasan mengapa kita menentukan untuk keluar dari perusahaan tersebut, antara lain ialah mendapat pekerjaan baru, jenuh dengan suasana kantor, tertekan, ingin membuka usaha sendiri, atau lantaran honor yang tidak sesuai.

Didalam penulisan Surat Resign ini sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan, dimana kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau sebaliknya bila anda ingin menggunakan bahasa inggris harus yang baik dan benar secara baku. Isi dari surat pengunduran diri ini harus juga menggunakan tata krama yang sopan biar tidak mengakibatkan kesalah pahaman antara kita, sobat sekantor dan atasan kita tentunya.

Mengundurkan diri dari suatu perusahaan ialah hak seorang pegawai. Terdapat beberapa alasan mengapa pegawai ingin mengundurkan dirinya, yaitu:
1. Gaji kecil
Gaji menjadi faktor penting bagi seorang pegawai lantaran berkaitan dengan biaya hidupnya. Jika ternyata biaya hidup lebih besar dari pada honor ia bekerja pada suatu perusahaan maka apa yang ia kerjakan terasa percuma karenaia bekerja untuk mendapat honor untuk biaya hidup.
2. Merasa tidak cocok dengan lingkungan pekerjaan
Untuk merasa cocok atau tidaknya seorang pegawai dengan lingkungan kerjaan tak sanggup dirasakan dalam waktu yang singkat, contohnya gres 2 atau 3 bulan ia menyatakn tidak cocok dengan pekerjaan atau lingkungan pegawainya. Untuk massuk dalam sebuah lingkungan gres tentu diharapkan pembiasaan atau penyesuaian diri dengan lingkungan tersebut.
Jika hal itu terus dirasakannya, yaitu tidak merasa nyaman di linkungan kerjanya maka ia sanggup tetapkan untuk melaksanakan pengunduran diri. Bekerja dalam lingkungan yang tidak menciptakan diri sendiri nyaman tentu akan kuat pada hasil kerjanya seseorang.
3. Ingin mencoba pekerjaan di daerah lain (bosan)
Sebagai insan hal yang masuk akal bila mengalami suatu kebosanan dalam suatu hal, terutama bila hal itu terus berulang-ulang. Ini biasanya berkaitan dengan seseorang yang ingin mendapat tantangan gres dalam pekerjaan lantaran ia merasa bosan. Dengan mendapat pekerjaan yang lebih menantang maka ia akan merasa lebih semangat dalam mengerjakannya.
4. Tidak mendapat kenaikan jabatan
Bekerja pada suatu perusahaan tertentu, seorang pegawai tentu ingin mendapat kenaikan jabatan atau promosi dati atasan atau perusahaannya. Ini berkaitan dengan kenaikan karir seorang pegawai dan juga penghasilannya atau gaji. Semakin tinggi jabatan tentu gajinya akan semakin tinggi pula.

Disini saya akan memperlihatkan teladan surat resign, tapi sebelum itu saya akan memperlihatkan beberapa hal yang berdasarkan saya penting dan harus anda ketahui dalam menulis surat resign/pengunduran diri. Hal – hal penting yang saya maksud dalam ketika anda ingin mengajukan surat resign tersebut ialah :
  1. Tulislah surat pengunduran diri anda dengan singkat, terang dan padat, dan usahakan bahasa yang anda gunakan ialah bahasa yang bagus dan sopan.
  2. Agar tidak mengakibatkan tanda tanya besar dan pemikiran negatif oleh atasan dan sobat kantor anda , tidak ada salah nya bila anda memperlihatkan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan kebanggaan secukupnya untuk perusahaan dan rekan-rekan seperjuangan anda di kantor yang akan anda tinggalkan.
  3. Ada baiknya bila anda tetap merahasiakan dan tidak membeberkan secara rinci di dalam ekspresi maupun goresan pena mengenai alasan mengapa anda menentukan mengundurkan diri.
  4. Sebelum anda benar-benar berhenti untuk bekerja, berilah kesempatan kepada atasan dan sobat kerja anda untuk mencari pengganti anda. Biasanya perusahaan juga akan meminta waktu biar anda bersedia untuk melaksanakan pelatihan pengalihan kerja kepada orang atau karyawan yang akan menggantikan anda.
  5. Berikan kenang-kenangan atau cinderamata bila perlu biar anda juga meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang akan anda tinggalkan tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menulis surat pengunduran diri. Sebagai materi acuan untuk anda, saya akan menciptakan teladan surat pengunduran diri/resign khusus untuk karyawan ibarat yang ada dibawah ini :


Purwokerto, 15 Mei 2017

Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Bintang Angkasa
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Imam Mudzakir
Departemen:Staff Administrasi
Jabatan:Karyawan
No.Karyawan:1283568465

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Bintang Angkasa  perihal kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.

Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran akan kesehatan saya sekaligus saya dan keluarga harus pindah keluar kota disebabkan ada problem keluarga yang tidak sanggup saya ceritakan dalam surat ini.

Surat ini saya buat sesuai dengan mekanisme kekerabatan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan sanggup memahami kondisi saya dan memperlihatkan hak–hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas dukungan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Imam Mudzakir

Berikut ini akan disajikan contoh surat pengunduran diri bahasa indonesia yang sanggup menjadi materi untuk anda pertimbangkan.

Purwokerto, 15 Mei 2017
Kepada Yth:
Manager
PT. Bintang Angkasa

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya, Imam Mudzakir bermaksud mengundurkan diri dari PT. Bintang Angkasa sebagai Staff Administrasi terhitung mulai tanggal 15 Mei 2017.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Bintang Angkasa. Dengan ini pula saya meminta maaf seluruh karyawan dan segenap jajaran administrasi PT. Bintang Angkasa apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap, PT. Bintang Angkasa terus maju dan berkembang lebih baik.


Hormat saya.

Imam Mudzakir

Berikut ini juga akan saya sajikan contoh surat pengunduran diri bahasa inggris yang sanggup menjadi materi untuk anda pertimbangkan.

Purwokerto, May 15th 2017
To
Mr. Budiman


With Respect
With regret, I am sending this letter of resignation.
Please kindly accepted this letter as my official letter of resignation from
Administrative staff position, starting from May 15, 2017.

I appreciate as much as possible the opportunity
provided as part of PT. Bintang Angkasa for approximately one year. Not to forget I apologize to all the management of PT. Bintang Angkasa if there are things that are not good I have done while working at PT. Bintang Angkasa.

Hopefully PT. Bintang Angkasa will be more successful in the future.
When PT. Bintang Angkasa still need my energy on the transition period, I will be happy to help.


Your Sincerely,

(Imam Mudzakir)

Dibawah ini saya berikan 5 Tips Menuslis Surat Pengunduran Diri sekedar untuk jaga-jaga biar anda sanggup menulis surat resign secara baik dan benar, dan dibawah ini anda sanggup baca tipsnya secara detail :
  1. Surat pengunduran diri harus sangat sempurna dan to the point. Tidak perlu bertele-tele ibarat ketika anda menulis sebuah dokumen resmi. Buatlah dengan singkat dan menyebutkan surat pengunduran diri di baris subjek dari surat.
  2. Sebutkan waktu atau tanggal ketika anda ingin mulai mengundurkan diri. Buatlah juga acuan pemberitahuan ibarat yang disebutkan dalam kontrak kerja dan beritahukan juga bahwa anda masih akan bekerja hingga pada batas periode.
  3. Meskipun banyak orang cenderung ingin memperlihatkan opini dan pandangan negatif mereka kepada manajer atau atasan mereka, orang yang bijaksana tidak akan pernah melakukannya. Tidak peduli seberapa anda puas dengan atasan, bertindaklah ibarat seorang profesional. Jangan menggunakan kalimat yang mungkin terasa merendahkan atau ofensif kepada atasan.
  4. Berikan secara singkat dan sebutkan alasan pengunduran diri dalam satu atau dua baris. Penjelasan atau alasan pengunduran diri harus memperlihatkan kesopanan dan profesionalisme yang sangat dihargai dalam dunia usaha.
  5. Orang-orang yang telah menikmati pekerjaan mereka dan harus meninggalkan pekerjaan untuk alasan lainnya, selalu sanggup menyebutkan betapa besar pengalaman yang telah mereka dapatkan. Tak lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk anda.

Demikian untuk informasi hari ini mengenai cara menciptakan Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja lengkap dengan tipsnya, semoga dengan postingan ini sanggup bermanfaat bagi anda yang belum tau cara menciptakan surat resign. Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel