Pengertian Dan Manfaat Internet Marketing
Pemasaran Pengertian dan Manfaat Internet Marketing – Kehadiran internet tidak dipungkiri berdampak pada lahirnya kurun gres di dunia pemasaran (marketing) yang biasa disebut dengan kurun new wave marketing, dimana semakin banyak produk pesaing yang berkembang dan diperlukan penemuan untuk memenangkan persaingan dan mendapat kawasan di hati konsumen. (Baca pula: pengertian dan sejarah singkat internet).
Dalam salah satu definisinya, internet merupakan suatu metode yang terkenal diseluruh dunia untuk saling tukar menukar gosip dan berkomunikasi melalui komputer yang saling terkoneksi. Sehingga ketika ini, siapa saja yang mempunyai komputer dan modem sanggup mengakses internet dan menjadi bab dari jaringan komunikasi dunia. Salah satu komponen internet yang paling terkenal yaitu World Wide Web atau www, yakni suatu halaman di internet yang sanggup menampilkan teks, suara, grafik, foto dan video yang menjadi instrumen komersial di internet. (Simak: Pengertian Website Menurut Para Ahli)
Pengertian Internet Marketing
Istilah Internet marketing (pemasaran internet) juga kerap dinamai dengan web marketing, online marketing, e-marketing atau e-commerce yang merupakan pemasaran dari produk atau jasa melalui internet (Hermawan, 2012). Internet marketing juga bisa diartikan sebagai pemasaran yang memakai teknologi internet sebagai saluran penyampaian isi pesan kepada banyak orang secara bersamaan dan seketika dalam suatu kurun waktu tertentu (Wikipedia, 2010).
Menurut pendapat Zaki dan Smitdev (2008), basis utama pemasar dalam internet marketing yaitu denganmenggunakan dan memanfaatkan Web, dengan tetap berorientasi pada prinsip pemasaran konvensional yang harus menerapkan 3 hal yakni tujuan pemasaran, pasar sasaran, dan produk atau jasa yang ditawarkan (Hermawan, 2012)
Manfaat Internet Marketing
Dalam acara internet marketing dilakukan oleh para pemasar, tentu terdapat manfaat yang diperoleh sehingga jumlah pengguna media internet untuk acara pemasaran terus meningkat pesat. Setidaknya, terdapat dua manfaat utama internet marketing, yakni:
a. Biayanya yang relatif murah
Dari aspek biaya, internet marketing relatif lebih murah jikalau dihitung menurut rasio biaya terhadap jangkuan sasaran pemirsa. Perusahaan sanggup menjangkau khalayak yang luas jikalau dibandingkan dengan sarana periklanan tradisional. Sifat medianya memungkinkan konsumen menyelidiki dan membandingkan produk dengan nyaman.
b. Muatan gosip yang besar
Manfaaat lain yang terkait dengan internet marketing yaitu tersedianya sejumlah besar informasi. Dibandingkan dengan media tradisional ibarat cetak, radio dan TV, internet marketing hanya memakai biaya relatif rendah dibandingkan media lain. Perusahaan yang memakai internet marketing juga sanggup menyimpan data secara akurat dan menyimpan transaksi keuangannya. Secara keseluruhan, internet marketing membantu ekspansi bisnis dari pasar local menuju pasar internasional dengan lebih cepat. Selain itu manfaat lainnya yaitu keterukuran, fleksibilitas, dan keterjangkauan (Hermawan, 2012).
Intenet marketing dalam penggunaannya sebagai media untuk membangun persepsi merek produk dan mendukung fungsi penjualan, mempunyai kemampuan sebagai jembatan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dalam menggunakannya.
Penggunaan internet marketing sebagai media dalam komunikasi pemasaran sebuah perusahaan mempermudah pemahaman perihal tujuan dari internet marketing. Pemanfaatan internet marketing sebagai cara mempermudah dalam pemahaman perihal tujuan komunikasi mengenai internet marketing, Morissan (2010:324) membaginya menjadi :
a. Penyebaran Informasi
Salah satu tujuan utama keberadaan internet sebagai media marketing yaitu menyediakan gosip secara lengkap dan mendalam mengenai produk suatu perusahaan. Perusahaan atau pemilik merk yang memanfaatkan internet marketing untuk menyediakan segala gosip mengenai produk yang dimilikinya, berpeluang lebih besar untuk sanggup mendapat pembeli. Secara singkat penggunaan internet sebagai media marketing merupakan yang paling sempurna untuk memberikan gosip secara lengkap kepada khalayak
b. Menciptakan Kesadaran
Bagi perusahaan yang masih mempunyai anggaran promosi terbatas, penggunaan internet dalam marketing memberikan untuk membuat kesadaran yang lebih efektif dibandingkan dengan media tradisional lainnya. Sehingga penggunaan internet marketing terkadang lebih bermanfaat dalam membuat kesadaran terhadap organisasi atau perusahaan, sekaligus membuat kesadaran bagi barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
c. Tujuan Riset
Sebuah perusahaan memakai media internet selain untuk membuatkan dan mempertahankan kekerabatan dengan pelanggan juga bertujuan untuk melaksanakan riset pasar dan mengumpulkan gosip dari perusahaan pesaing.
d. Membangun Persepsi
Banyak perusahaan ketika ini memakai internet sebagai media marketing dirancang dengan tujuan membangun persepsi mengenai image perusahaan yang bersangkutan terhadap khalayak.
e. Percobaan Produk
Perusahaan adakalanya memakai media internet dalam marketing untuk memberikan elektronik kepada pengunjung dalam upaya untuk mendorong konsumen supaya bersedia mencoba produk yang ditawarkan.
f. Meningkatkan Distribusi
Internet marketing sebagai media yang mempunyai beberapa tools membuat sejumlah perusaahaan sanggup bekerja sama untuk saling menampilkan produk mereka masing-masing. Salah satu tools tersebut yaitu website dimana bentuk kerjasamanya disebut afiliasi yaitu kekerabatan kerjasama di antara sejumlah situs atau website.
g. Meningkatkan Pelayanan
Banyak perusahaan yang mencicipi manfaat internet alasannya yaitu bisa memberikan gosip dan menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan. Peran tersebut pada jadinya sanggup meningkatkan palayanan dan membangun kekerabatan baik antara perusahaan dan konsumennya.
Demikian klarifikasi mengenai pengertian dan manfaat internet marketing. Singkatnya, internet telah membawa media ke khalayak global. Sifatnya yang interaktif serta balasan yang cepat yaitu kualitas dan kelebihan media internet. Pada gilirannya telah mempermudah setiap pihak atau perusahaan dalam acara pemasaran. Kegiatan pemasaran dengan santunan media internet inilah yang kemudian disederhanakan dengan istilan internet marketing.
Dalam salah satu definisinya, internet merupakan suatu metode yang terkenal diseluruh dunia untuk saling tukar menukar gosip dan berkomunikasi melalui komputer yang saling terkoneksi. Sehingga ketika ini, siapa saja yang mempunyai komputer dan modem sanggup mengakses internet dan menjadi bab dari jaringan komunikasi dunia. Salah satu komponen internet yang paling terkenal yaitu World Wide Web atau www, yakni suatu halaman di internet yang sanggup menampilkan teks, suara, grafik, foto dan video yang menjadi instrumen komersial di internet. (Simak: Pengertian Website Menurut Para Ahli)
Pengertian Internet Marketing
Istilah Internet marketing (pemasaran internet) juga kerap dinamai dengan web marketing, online marketing, e-marketing atau e-commerce yang merupakan pemasaran dari produk atau jasa melalui internet (Hermawan, 2012). Internet marketing juga bisa diartikan sebagai pemasaran yang memakai teknologi internet sebagai saluran penyampaian isi pesan kepada banyak orang secara bersamaan dan seketika dalam suatu kurun waktu tertentu (Wikipedia, 2010).
Menurut pendapat Zaki dan Smitdev (2008), basis utama pemasar dalam internet marketing yaitu denganmenggunakan dan memanfaatkan Web, dengan tetap berorientasi pada prinsip pemasaran konvensional yang harus menerapkan 3 hal yakni tujuan pemasaran, pasar sasaran, dan produk atau jasa yang ditawarkan (Hermawan, 2012)
Manfaat Internet Marketing
Dalam acara internet marketing dilakukan oleh para pemasar, tentu terdapat manfaat yang diperoleh sehingga jumlah pengguna media internet untuk acara pemasaran terus meningkat pesat. Setidaknya, terdapat dua manfaat utama internet marketing, yakni:
a. Biayanya yang relatif murah
Dari aspek biaya, internet marketing relatif lebih murah jikalau dihitung menurut rasio biaya terhadap jangkuan sasaran pemirsa. Perusahaan sanggup menjangkau khalayak yang luas jikalau dibandingkan dengan sarana periklanan tradisional. Sifat medianya memungkinkan konsumen menyelidiki dan membandingkan produk dengan nyaman.
b. Muatan gosip yang besar
Manfaaat lain yang terkait dengan internet marketing yaitu tersedianya sejumlah besar informasi. Dibandingkan dengan media tradisional ibarat cetak, radio dan TV, internet marketing hanya memakai biaya relatif rendah dibandingkan media lain. Perusahaan yang memakai internet marketing juga sanggup menyimpan data secara akurat dan menyimpan transaksi keuangannya. Secara keseluruhan, internet marketing membantu ekspansi bisnis dari pasar local menuju pasar internasional dengan lebih cepat. Selain itu manfaat lainnya yaitu keterukuran, fleksibilitas, dan keterjangkauan (Hermawan, 2012).
Intenet marketing dalam penggunaannya sebagai media untuk membangun persepsi merek produk dan mendukung fungsi penjualan, mempunyai kemampuan sebagai jembatan bagi perusahaan untuk mencapai tujuan dalam menggunakannya.
Penggunaan internet marketing sebagai media dalam komunikasi pemasaran sebuah perusahaan mempermudah pemahaman perihal tujuan dari internet marketing. Pemanfaatan internet marketing sebagai cara mempermudah dalam pemahaman perihal tujuan komunikasi mengenai internet marketing, Morissan (2010:324) membaginya menjadi :
a. Penyebaran Informasi
Salah satu tujuan utama keberadaan internet sebagai media marketing yaitu menyediakan gosip secara lengkap dan mendalam mengenai produk suatu perusahaan. Perusahaan atau pemilik merk yang memanfaatkan internet marketing untuk menyediakan segala gosip mengenai produk yang dimilikinya, berpeluang lebih besar untuk sanggup mendapat pembeli. Secara singkat penggunaan internet sebagai media marketing merupakan yang paling sempurna untuk memberikan gosip secara lengkap kepada khalayak
b. Menciptakan Kesadaran
Bagi perusahaan yang masih mempunyai anggaran promosi terbatas, penggunaan internet dalam marketing memberikan untuk membuat kesadaran yang lebih efektif dibandingkan dengan media tradisional lainnya. Sehingga penggunaan internet marketing terkadang lebih bermanfaat dalam membuat kesadaran terhadap organisasi atau perusahaan, sekaligus membuat kesadaran bagi barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.
c. Tujuan Riset
Sebuah perusahaan memakai media internet selain untuk membuatkan dan mempertahankan kekerabatan dengan pelanggan juga bertujuan untuk melaksanakan riset pasar dan mengumpulkan gosip dari perusahaan pesaing.
d. Membangun Persepsi
Banyak perusahaan ketika ini memakai internet sebagai media marketing dirancang dengan tujuan membangun persepsi mengenai image perusahaan yang bersangkutan terhadap khalayak.
e. Percobaan Produk
Perusahaan adakalanya memakai media internet dalam marketing untuk memberikan elektronik kepada pengunjung dalam upaya untuk mendorong konsumen supaya bersedia mencoba produk yang ditawarkan.
f. Meningkatkan Distribusi
Internet marketing sebagai media yang mempunyai beberapa tools membuat sejumlah perusaahaan sanggup bekerja sama untuk saling menampilkan produk mereka masing-masing. Salah satu tools tersebut yaitu website dimana bentuk kerjasamanya disebut afiliasi yaitu kekerabatan kerjasama di antara sejumlah situs atau website.
g. Meningkatkan Pelayanan
Banyak perusahaan yang mencicipi manfaat internet alasannya yaitu bisa memberikan gosip dan menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan. Peran tersebut pada jadinya sanggup meningkatkan palayanan dan membangun kekerabatan baik antara perusahaan dan konsumennya.
Demikian klarifikasi mengenai pengertian dan manfaat internet marketing. Singkatnya, internet telah membawa media ke khalayak global. Sifatnya yang interaktif serta balasan yang cepat yaitu kualitas dan kelebihan media internet. Pada gilirannya telah mempermudah setiap pihak atau perusahaan dalam acara pemasaran. Kegiatan pemasaran dengan santunan media internet inilah yang kemudian disederhanakan dengan istilan internet marketing.