Pengertian Dan Tujuan Pengembangan Karir
Aneka PengertianEkonomiPengertian dan Tujuan Pengembangan Karir – Ini sanggup dipahami sebagai pendekatan formal dalam upaya peningkatan atau perbaikan, pertumbuhan, kepuaan kerja, pengetahuan dan kemampuan karyawan biar sanggup memastikan bahwa orang-orang yang berkualifikasi dan pengalaman yang sempurna tersedia ketika dibutuhkan, dengan demikian perencanaan dan pengembangan karir yang terang akan membantu karyawan dan organisasi dalam meraih sukses.
Andrew J. Dubrin (1982) mengemukakan bahwa pengembangan karir ialah acara kepegawaian yang membantu pegawai-pegawai merencanakan karier masa depan mereka di perusahaan biar perusahaan dan pegawai yang bersangkutan sanggup menyebarkan diri secara maksimum.
Definisi yang semakna bahwa pengembangan karir ialah suatu langkah yang ditempuh perusahaan untuk menghadapi tuntutan kiprah karyawan dan untuk menjawab tantangan masa depan dalam menyebarkan sumber daya insan di perusahaan yang merupakan suatu keharusan dan mutlak dibutuhkan (Siagian, 2001).
Pengembangan karir juga sanggup didefinisikan sebagai pendekatan formal yang diambil organisasi untuk memastikan bahwa orang-orang dengan kualifikasi dan pengalaman yang sempurna tersedia pada ketika dibutuhkan, sebab perencanaan dan pengembangan karir menguntungkan individu dan organisasi (Simamora, 2006).
Tujuan Pengembangan Karir
Pengembangan karir juga sanggup didefinisikan sebagai pendekatan formal yang diambil organisasi untuk memastikan bahwa orang-orang dengan kualifikasi dan pengalaman yang sempurna tersedia pada ketika dibutuhkan, sebab perencanaan dan pengembangan karir menguntungkan individu dan organisasi (Simamora, 2006).
Tujuan Pengembangan Karir
Andrew J. Dubrin (1982) menguraikan sejumlah tujuan pengembangan karir yang dijabarkan sebagai berikut:
- Membantu pencapaian tujuan individu dan perusahaan dalam pengembangan karier karyawan yang merupakan hubungan timbal balik yang bermanfaat bagi kesejahteraan karyawan dan tercapainya tujuan perusahaan. Seorang pegawai yang sukses dengan prestasi kerja sangat baik lalu menduduki posisi jabatan yang lebih tinggi, ini menawarkan bahwa tercapai tujuan perusahaan dan tujuan individu.
- Menunjukkan Hubungan Kesejahteraan Pegawai Perusahaan merencanakan karir pegawai dengan meningkatkan kesejahteraannya sehingga mempunyai loyalitas yang lebih tinggi.
- Membantu pegawai menyadari kemampuan potensinya. Pengembangan karir membantu menyadarkan pegawai akan kemampuannya untuk menduduki suatu jabatan tertentu sesuai dengan potensi dan keahliannya.
- Memperkuat hubungan antara Pegawai dan Perusahaan Pengembangan karier akan memperkuat hubungan dan perilaku pegawai terhadap perusahaannya.
- Membuktikan Tanggung Jawab Sosial Pengembangan karier suatu cara membuat iklim kerja yang konkret dan pegawai-pegawai lebih bermental sehat.
- Membantu memperkuat pelaksanaan program-program Perusahaan Pengembangan karir membantu program-program perusahaan lainnya biar tercapai tujuan perusahaan.
- Mengurangi Turnover (pergantian karyawan sebab mengundurkan diri) dan Biaya Kepegawaian Pengembangan karier sanggup mengakibatkan turnover rendah dan begitu pula biaya kepegawaian menjadi lebih efektif.
- Mengurangi Keusangan Profesi dan Manajerial Pengembangan karier sanggup menghindarkan dari keusangan dan kebosanan profesi dan manajerial.
- Menggiatkan Analisis dari Keseluruhan Pegawai Perencanaan karir dimaksudkan mengintegrasikan perencanaan kerja dan kepegawaian
- Menggiatkan Pemikiran (Pandangan) Jarak Waktu yang Panjang Pengembangan karier berafiliasi dengan jarak waktu yang panjang. Hal ini sebab penempatan suatu posisi jabatan memerlukan persyaratan dan kualifikasi yang sesuai porsinya.