Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris
Surat Resmi
Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris Yang Baik dan Benar. Pada kesempatan kalin ini saya akan mengembangkan surat resmi memakai bahasa inggris. Dalam penulisan surat resmi dilarang sembarangan dilakukan. Ada beberapa hukum yang harus dilakukan. Jangan hingga terjadi kesalahan dalam penulisan surat resmi bahasa inggris. Karena ini termasuk kedalam jenis surat formal. Hal ini jauh berbeda dengan surat langsung bahasa inggris. Yang memang tidak terdapat hukum khusus dalam penulisannya dalam surat resmi.
Penting untuk mengetahui cara penulisan surat resmi dalam bahasa inggris. Jika kita mengetahui bagaimana cara baik dalam penulisan. Maka, kesalahan fatal sanggup kita hindari dalam surat resmi. Terlebih lagi kalau itu surat resmi berbahasa inggris. Pasti sedikit lebih sulit daripada Indonesia. Tapi jangan takut untuk melakukannya. Mulailah berguru menulis surat. Karena ini sanggup meningkatkan kemampuan writing kalian. Untuk membantu kalian dalam format penulisan. Saya akan mengembangkan tips menulis surat resmi. Dilanjutkan dengan pola surat resmi dalam bahasa inggris yang baik.
Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris
Tips Ke-1
Saat menulis surat resmi, mulailah dengan kata pembukaan yang sopan. Begitu juga dengan kalimat penutup. Kita juga harus memperlihatkan kesan sopan pada dua kalimat ini. pola kalimat pembukaan yang sopan:
Dear Mr (nama orang yang dituju)
Dear Mrs (nama orang yang dituju)
Jika kau tidak mengetahui nama orang yang ditujukan pada surat resmi. Maka kau cukup menuliskan :
Dear Madam / Dear Sir.
Sedangkan untuk pola kalimat epilog biasanya ditaurh dibagian bawah. Ditaruh sebelum tanda tangan pengirim surat. Contohnya sperti:
Sincerely Yours (Digunakan untuk yang benar-benar formal atau resmi)
Best Regards (Jika kau sudah melaksanakan surat-menyurat pada orang tersebut)
Tips Ke-2
Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Bagian ini sangatlah penting dalam surat formal. Jangan pernah lupa untuk mengucapkannya. Dengan memberi ucapan terima kasih. Maka akan memperlihatkan rasa kesopanan dari kamu. Karena kau menginginkan orang tersebut untuk membalas surat. Maka kau harus sopan pada mereka. Contoh ucpan terima kasihnya sperti :
Thank you for taking your precious time.
I am looking forward to hear from you. Thank you.
Thank you for your help.
Tips Ke-3
Jika dalam surat resmi kau berisikan kalimat permohanan. maka cantumkan kaliamat permohonan yang memperlihatkan kesopanan. Saya akan membagikan cara yang cukup gampang untuk dilakukan. Seperti yang banayak digunakan di pola surat resmi dalam bahasa inggris :
I would greatly appreciate if you could/would …..
I would be grateful to you, if you could/would …..
Pada bab selajanjutnya sanggup diisikan dengan permohonan kamu.
Tips Ke-4
Hindari penulisan kependekan dalam bahasa inggris. Singkatan memperlihatkan kesan kalau kau sedang menulis surat ke teman dekat. Jangan hingga kau melaksanakan ini dalam penulisan surat resmi. Sedikit pola kependekan :
Won’t seharusnya will not,
Don’t = do not,
U = you
It’s = it is
Tips Ke-5
Tulislah nama lengkap kamu. Lalu diikuti oleh pekerjaan dan jabatan. Kemudian kontak kamu. Lalu terakhir adalha tanda tangan pada bab akhir.
Tips Ke-6
Terakhir, gunakanlah tanda baca dan spelling yang benar. Jangan hingga kau melukukan kesalahan. Perhatikan juga besar kecil huruf. Dimana penempatan yang benar dan baik. Cobalah untuk periksa ulang surat resmi kau sebelum dikirimkan.
Semoga dengan Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris diatas sanggup bermanfaat dan menjadi materi rujukan bagi anda yang hendak menciptakan sebuah pola surat tersebut. Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan anda, hingga jumpa lagi dilain kesempatan.
Penting untuk mengetahui cara penulisan surat resmi dalam bahasa inggris. Jika kita mengetahui bagaimana cara baik dalam penulisan. Maka, kesalahan fatal sanggup kita hindari dalam surat resmi. Terlebih lagi kalau itu surat resmi berbahasa inggris. Pasti sedikit lebih sulit daripada Indonesia. Tapi jangan takut untuk melakukannya. Mulailah berguru menulis surat. Karena ini sanggup meningkatkan kemampuan writing kalian. Untuk membantu kalian dalam format penulisan. Saya akan mengembangkan tips menulis surat resmi. Dilanjutkan dengan pola surat resmi dalam bahasa inggris yang baik.
Tips Menulis Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris
Tips Ke-1
Saat menulis surat resmi, mulailah dengan kata pembukaan yang sopan. Begitu juga dengan kalimat penutup. Kita juga harus memperlihatkan kesan sopan pada dua kalimat ini. pola kalimat pembukaan yang sopan:
Dear Mr (nama orang yang dituju)
Dear Mrs (nama orang yang dituju)
Jika kau tidak mengetahui nama orang yang ditujukan pada surat resmi. Maka kau cukup menuliskan :
Dear Madam / Dear Sir.
Sedangkan untuk pola kalimat epilog biasanya ditaurh dibagian bawah. Ditaruh sebelum tanda tangan pengirim surat. Contohnya sperti:
Sincerely Yours (Digunakan untuk yang benar-benar formal atau resmi)
Best Regards (Jika kau sudah melaksanakan surat-menyurat pada orang tersebut)
Tips Ke-2
Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Bagian ini sangatlah penting dalam surat formal. Jangan pernah lupa untuk mengucapkannya. Dengan memberi ucapan terima kasih. Maka akan memperlihatkan rasa kesopanan dari kamu. Karena kau menginginkan orang tersebut untuk membalas surat. Maka kau harus sopan pada mereka. Contoh ucpan terima kasihnya sperti :
Thank you for taking your precious time.
I am looking forward to hear from you. Thank you.
Thank you for your help.
Tips Ke-3
Jika dalam surat resmi kau berisikan kalimat permohanan. maka cantumkan kaliamat permohonan yang memperlihatkan kesopanan. Saya akan membagikan cara yang cukup gampang untuk dilakukan. Seperti yang banayak digunakan di pola surat resmi dalam bahasa inggris :
I would greatly appreciate if you could/would …..
I would be grateful to you, if you could/would …..
Pada bab selajanjutnya sanggup diisikan dengan permohonan kamu.
Tips Ke-4
Hindari penulisan kependekan dalam bahasa inggris. Singkatan memperlihatkan kesan kalau kau sedang menulis surat ke teman dekat. Jangan hingga kau melaksanakan ini dalam penulisan surat resmi. Sedikit pola kependekan :
Won’t seharusnya will not,
Don’t = do not,
U = you
It’s = it is
Tips Ke-5
Tulislah nama lengkap kamu. Lalu diikuti oleh pekerjaan dan jabatan. Kemudian kontak kamu. Lalu terakhir adalha tanda tangan pada bab akhir.
Tips Ke-6
Terakhir, gunakanlah tanda baca dan spelling yang benar. Jangan hingga kau melukukan kesalahan. Perhatikan juga besar kecil huruf. Dimana penempatan yang benar dan baik. Cobalah untuk periksa ulang surat resmi kau sebelum dikirimkan.
November 29, 2016
Mr. Firmansyah Tin
Headmaster of Sekolah Menengan Atas N 5 PURWOKERTO XXX
Banyumas - Jawa Tengah
Dear sir,
On behalf of the class XXX, i am writing this to ask for your permission to hold an end-of-year party on November 29th, 2016. We would like to use XIA for the party and will make sure that it is cleaned up after the party.
Mr. Siti Nurjanah, our English teacher, would be the person in charge for this event. He will be with us during the party.
Hopefully, you would kindly allow us to use the classroom. Thank you.
Yours sincerely,
Mr. Firmansyah Tin
Headmaster of Sekolah Menengan Atas N 5 PURWOKERTO XXX
Semoga dengan Contoh Surat Resmi Dalam Bahasa Inggris diatas sanggup bermanfaat dan menjadi materi rujukan bagi anda yang hendak menciptakan sebuah pola surat tersebut. Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan anda, hingga jumpa lagi dilain kesempatan.